Farmatour Goes To Bandung

Mahasiswa S-1 Farmasi melakukan kunjungan industri selama 2 hari yaitu pada tanggal 26-27 Februari 2020. Tujuan FARMATOUR adalah membekali mahasiswa Farmasi untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan ke depan dimana merupakan bagian dari Soft Skill mahasiswa di bidang Industri, bagaimana dunia industri Farmasi yang sesungguhnya. Industri yang dikunjungi merupakan Industri Farmasi terkemuka yang ada di Kota Bandung yaitu Kimia Farmas, Lafi AD, Biofarma, PT. Mitsubisi Tanabe Pharma Indonesia. Selain mengunjungi Industri mahasiswa juga diajak wisata yang ada di sekitar kawasan industri yaitu Wisata Floating Market, Chiampelas, dan Farm House.

Rabu, 26 Februari 2020, Persiapan keberangkatan dari Kampus STIKES Cendekia Utama Kudus dengan 4 Bus. Farmatour ini diikuti oleh 130 Mahasiswa dengan 8 Dosen pendamping. Kemudian tiba di Bandung pukul 15.00 WIB langsung menuju Wisata Floating Market. Selanjutnya ada waktu untuk belanja sebentar di Chiampelas dan istirahat menuju Hotel .

Kamis, 27 Februari 2020, menuju tempat kunjungan industri yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok dengan lokasi yang berbeda. Alhamdulillah bisa dihadiri oleh Bapak Ketua STIKES Cendekia Utama Kudus, Bapak Ilham Setyo Budi, S.Kp., M.Kes. Beliau mendampingi saat kunjungan industri di PT. Mitsubisi Tanabe Pharma Indonesia.

Ketua STIKES menuturkan, “Kegiatan FARMATOUR merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan di Program Studi Farmasi, dimana mahasiswa diajak mengunjungi langsung industri Farmasi yang ada di indonesia. Harapannya supaya mahasiswa lebih berkompeten dan unggul dalam bidang farmasi, selain itu juga dengan harapan dapat menjalin kerjasama dengan inudustri Farmasi.”

Selama kunjungan, mahasiswa antusias sekali dalam mengikuti FARMATOUR, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan saat sesi diskusi bersama tim manajer beserta staf bidang laboratrium Farmasi dan IPAL perwakilan dari industri. Mahasiswa sangat senang dan lebih memahami dari mulai produksi obat, analisis pengujian obat, pengemasan, sampai pendistribusian obat yang bisa dilihat secara langsung. Semoga dengan adanya kegiatan FARMATOUR, dapat menambah pengetahuan mahasiswa tentang dunia industri yang sesungguhnya.