Mahasiswa Farmasi Peduli Wabah Covid-19

Sebagai bentuk kepedulian terhadap wabah Covid 19 yang menyebar di daerah Kabupaten Kudus, organisasi mahasiswa menggalang donasi dan memproduksi handsanitizer 36 Liter (600 botol kemasan 60 mL) dan handwash 100 Liter (400 botol kemasan 250 mL) yang diproduksi di Laboratorium Farmasi STIKES Cendekia Utama Kudus pada tanggal 4-5 April 2020.

Mereka membagikan secara gratis kepada masyarakat sekitar kampus di daerah di Desa Jepang (RT 4,5,6 RW 10), Dukuh Klitak, Desa Jepang (RT 1 RW 11) dan Desa Mejobo RT 1 RW 1. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 13 April 2020. Selain itu juga dibagikan ke Rumah Sakit di Kudus sebagai bentuk kepedulian kepada tenaga medis yang telah berjuang menjadi pahlawan Garda terdepan Bangsa. Program ini terlaksana sebagai bentuk sumbangsih kepada masyarakat untuk selalu hidup bersih dan sehat. Mengingat harga Handsanitizer yang mahal dan langka.

Ketua Program Studi S-1 Farmasi menuturkan, “Inisiatif ini merupakan kontribusi nyata pengabdian kepada masyarakat sivitas akademika STIKES Cendekia Utama Kudus bagi masyarakat sekitar. Dimana menjaga kebersihan diri melalui cuci tangan teratur dengan menggunakan handsanitizer maupun handwash adalah salah satu upaya dalam mencegar terinfeksi Covid 19.”

Harapannya, handsanitizer yang diproduksi Mahasiswa Farmasi mengikuti prosedur dengan formula standar dari WHO dapat menjadi cairan pembersih tangan bagi masyarakat yang tidak memiliki akses cuci tangan dengan air dan sabun. Sementara Handwash dibagikan ke masjid sekitar (Masjid Al-Ridho, Al-Amin, Al-Ma;mur, Roudhotul Jannah, dan Al-Mubarok) Kudus, dengan harapan dapat membantu masyarakat yang ke masjid untuk tetap memperhatikan kebersihan dan kesehatan melalui cuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk masjid.

Pembuatan handsanitizer dan handwash yang dilakukan di Laboratorium Farmasi ddengan dukungan donasi dan para sukarelawan didukung oleh ketua BEM, DPM serta ORMAWA (HIMFAKIA S-1, HIMFAKIA D-3, HIMIKA, HMKM, MACUPA, SENIOR) di bawah bimbingan Bapak David Laksamana Caesar, S.KM., M.Kes. dan Ibu Rohmatun Nafi’ah, S.Pd., M.Sc. Terima kasih kepada para donatur yang telah mendonasikan sebagian hartanya untuk ikut berpartisipasi sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.