Rakorwil III ISMAFARSI Joglosepur

Pada tanggal 11 Januari 2020 HIMFAKIA S1 STIKES Cendekia Utama Kudus telah mengikuti kegiatan RAKORWIL III yang diselenggarakan oleh ISMAFARSI wilayah JOGLOSEPUR yang bertempatkan di Universitas Sebelas Maret. Dimana kegiatan tersebut diikuti oleh 16 perguruan tinggi yang berada di wilayah joglosepur, diantaranya yaitu UGM, UMY, USD, UNSOED, UNISULA, UMP, UMPP, UII, UNW, UNWAHAS, UAD, UNS, STIFAR YAPHAR, UMS, USB dan STIKES Cendekia Utama Kudus.

HIMFAKIA S1 STIKES Cendekia Utama Kudus diwakili oleh Aditiya Putri Suryani, Ahmad Zulfa, Damar Taftazani Nur Mahendra, Muhammad Zaenuri, Sindiana Dyah Lestari, Renny Olivia Mala.

Berikut susunan kegiatan RAKORWIL III :
1.Pembukaan
2.Pembahasan dan pengesahan agenda sidang
3.Pembahasan dan pengesahan tata tertib sidang
4.Pemilihan dan pengesahan pimpinan sidang tetap
5.Sidang paripurna (pemaparan laporan pertanggung jawaban dan rancangan kerja staff ahli)
6.Penutup
7.Sidang ahli:

  • Pemilihan tuan rumah kegiatan wilayah
  • Pemaparan host sekolah kastrad
  • Pemaparan host JPC
  • Pemaparan host MUSWIL
  • Laporan pertanggung jawaban RAKORWIL II
  • Laporan pertanggung jawaban WPD
  • ANNUAL REPORT LEM
  • Kajian ISU KEFARMASIAN
  • Kampanye Informasi Obat (KIO)

Kegiatan berjalan sesuai dengan susunan kegiatan yang telah dibuat. Dalam ruangan tersebut suasana menjadi tegang seiring berjalannya kegiatan. Dalam kegiatan ini diikuti penuh oleh Muhammad Zaenuri selaku official delegate dan ditemani oleh Ahmad Zulfa. Sedangkan 4 rekan lainnya mengikuti kajian isu kefarmasian dan KIO.

Bentuk sidang ini yaitu setiap LEM diberikan kertas berwarna hijau dan merah, Hijau digunakan saat pemilihan opsi yang berarti setuju dan Merah digunakan pada saat ingin memberikan pertanyaan, tanggapan atau bahkan ingin menambahkan opsi. Sidang dipimpin oleh 3 pimsid (pemimpin sidang) sementara, sebelum ditentukannya pimsid tetap. Sidang berjalan dengan lancar dilaksanakan pada pukul 07.30 – 19.10 WIB.

Adapula kegiatan kajian isu kefarmasian dimana kajian tersebut diikuti oleh Sindiana dan Aditiya. Dimana pembahasan pada kajian tersebut yaitu mengenai RUU Kefarmasian yang sedang panas-panasnya dibincangkan. Karena melihat kurang antusiasnya mahasiswa, apoteker dan bahkan warga terhadap RUU Kefarmasian ini sehingga dilakukanlah kajian tersebut. Dengan pembahasan point-point RUU Kefarmasian.

KIO yang diwakili oleh Renny Olivia Mala dan Damar Taftazani Nur Mahendra, bertemakan ISPA (Informasi Saluran Pernafasan Akut) sekaligus GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang lokasinya sekitar 15 menit dari UNS. Disana kami dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok minimal mendatangi 3 rumah warga. Alhamdulillah… warga disana menerima kami dengan baik.

Warga disana juga beberapa ada yang sudah terkena ISPA dikeluarganya yang dikarenakan lingkungan disekitar yang kurang sehat. KIO yang dilaksanakan oleh ISMAFARSI wilayah JOGLOSEPUR juga menggalakan tentang GERMAS. Penyuluhan tentang GERMAS diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. GERMAS memiliki 7 point yang digalakkan yaitu :
1.Melakukan aktivitas fisik
2.Makan buah dan sayuran
3.Tidak merokok
4.Tidak minum minuman beralkohol
5.Melakukan cek kesehatan secara berkala
6.Menjaga kebersihan lingkungan
7.Menggunakan jamban